Pengamat Politik Sebut Airlangga Hartanto Berpeluang Besar Menjadi Capres, Begini Alasannya

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto
Sumber :
  • Viva

Jatim – Salah satu alasan  Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartanto mempunyai peluang untuk maju di Pilpres 2024 adalah karena cukup mumpuni pengetahuan dalam bidang ekonomi. 

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Hal ini dibenarkan oleh pengamat politik, Adi Prayitno. Ia menilai Airlangga Hartanto dapat maju mencalonkan diri sebagai capres karena sangat paham dengan isu-isu perekomian. 

"Airlangga saya kira paham dan fasih betul terkait isu-isu ekonomi. Pak Airlangga adalah seorang teknokrat yang cukup baik. Background ekonominya cukup mantap, apalagi sekarang posisinya sebagai Menko Perekonomian ya," kata Adi Prayitno dikutip dari VIVA, Jumat, 11 Agustus 2023.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Alasan lain, masih ada kemungkinan menggandeng PAN yang sama-sama di Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, membangun poros baru di luar kandidat-kandidat lainnya.

Senada dengan itu, Adi juga menjelaskan, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) dapat menjadi alternatif membentuk poros sendiri. Sehingga, kata dia, Airlangga bisa maju menjadi capres. Mengingat gabungan kedua partai itu sudah memenuh syarat ambang batas pengajuan capres-cawapres atau Presidential Treshold sebesar 20 %.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

"Memang belakangan kini muncul isu-isu supaya Golkar bikin poros politik sendiri ya. Salah satunya dengan PAN. Gabungan kedua partai ini sudah menggenapi ambang batas presiden 20 %. Tinggal bagaimana Golkar meyakinkan PAN supaya Airlangga bisa maju dan mendapatkan tiket pencapresan ambang batas Presiden 20 %," katanya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, Airlangga berpeluang merapat ke salah satu kandidat capres lainnya untuk dapat berkontestasi di Pemilu 2024. Baik merapat ke Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto, sebagai calon wakil presiden.

Halaman Selanjutnya
img_title