Wacana Pemindahan Museum Anjuk Ladang di Nganjuk Tak Jelas, Komunitas Pecinta Sejarah: Kecewa

Museum Anjuk Ladang Nganjuk
Sumber :
  • Istimewa

Nganjuk, VIVA Jatim –Komunitas Pecinta Sejarah Kota Nganjuk atau Kotasejuk mengaku kecewa dengan wacana pemindahan dan pembangunan museum Anjuk Ladang yang hingga kini tak ada kabarnya lagi. Padahal, wacana itu sempat dibahas di DPRD Kabupaten nganjuk

Ratusan Kader Muslimat NU se-Nganjuk Ikuti Jalan Sehat Berkebaya Peringati Hari Kartini

Divisi Humas Kotasejuk, Sukadi mengatakan, pada tahun 2019 hingga 2020 Pemkab Nganjuk bersama DPRD Nganjuk serta aktivis Kotasejuk pernah membahas program pemindahan dan pembangunan Museum Anjuk Ladang.

Ini dikarenakan museum Anjuk Ladang dinilai sudah tidak representatif lagi untuk menyimpan benda-benda cagar budaya dari peninggalan nenek moyang Kabupaten Nganjuk.

Selama Libur Lebaran, Satlantas Polres Nganjuk Siapkan Bengkel Keliling Gratis Layani Pemudik

"Museum Anjuk Ladang bangunan kecil sehingga tidak bisa menampung temuan benda-benda cagar budaya, makanya diusulkan dipindah dan dibangun yang baru di dekat candi lor Desa Candirejo Kecamatan Loceret Nganjuk," kata Sukadi dari rilis yang diterima Viva Jatim pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Rencana pemindahan dan pembangunan museum Anjuk Ladang yang baru tersebut, lanjut Sukadi, dalam pembahasan sudah sampai pada proses usulan DED (Detail Engineering Design).

Geger Penggelembungan Suara oleh Oknum PPK dan Panwaslu di Nganjuk, PKB Desak Bawaslu Investigasi

Dimana dalam DED tersebut semuanya telah dijelaskan bentuk dan sebagainya termasuk kebutuhan anggaran.

"Namun setelah itu Pemkab Nganjuk diam dan tidak melanjutkan rencana pemindahan dan pembangunan museum Anjuk Ladang. Kami hingga kini tidak mengetahui ada apa sampai begitu, apalagi Kepala Daerah Nganjuk kami nilai kurang mengerti dan tidak peduli terhadap benda cagar budaya peninggalan para leluhur Nganjuk," ucap Sukadi.

Halaman Selanjutnya
img_title