PKS Beri Isyarat Demokrat: Anies-AHY Oke

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu
Sumber :
  • Viva

Jatim – Kubu calon presiden Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Pendukung belum menentukan siapa yang akan mendampingi Anies pada pemilihan presiden 2024. 

Demokrat Surabaya Hanya Usulkan Eri-Armuji di Pilwali 2024

Dalam hal in, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan, partainya telah memberi sinyal kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal cawapres untuk mendampingi mantan Anies Baswedan.

"Sinyal ada, tapi kita (PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat) sepakat, keputusan nama bakal calon wakil presiden akan diserahkan kepada oleh Anies Baswedan. Timing-nya kapan, siapa kandidat yang chemistry, kembali kita serahkan [kepada Anies Baswedan]," katanya di Tangerang, Banten, Sabtu, 12 Agustus 2023.

PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi juga memberikan komentar, ia mengatakan dalam waktu dekat nama bakal cawapres tersebut akan muncul untuk menjawab pertanyaan publik. 

"Kita ingin semua, dalam [Koalisi Perubahan] sepakat, ikhlas dalam pencapresannya Anies dengan siapa saja dari kelompok Koalisi Perubahan dan Persatuan kita ini," ujarnya.

Target Pilkada Menang, PKS Panasi Mesin Partai di Seluruh Jatim

Partai Demokrat dan Partai Nasdem, katanya, juga tidak mau gegabah untuk menyegerakan Anies Baswedan memilih dan menentukan sosok bakal cawapresnya. Sebab, peta politik saat ini masih sangat dinamis.

Tinggal permasalahannya adalah kita lihat peta gelombang politiknya di Indonesia saat ini hangat hari demi hari. Jadi kita harus mampu wait and see dengan situasi, tidak boleh terburu-buru," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title