Benarkah Upacara HUT RI ke 79 akan Digelar di IKN, Begini Penjelasan Pihak Istana

Presiden RI Joko Widodo
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA JatimPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat berharap upacara peringatan HUT RI tahun 2024 atau yang ke-79 dapat diseleggarakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Namun pihak Istana belum dapat memastikan apakah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI menjadi yang terakhir digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 17 Agustus 2023. 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Berdasarkan informasi dari Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, bahwa keputusan terkait lokasi upacara HUT ke-79 RI akan disampaikan langsung Presiden RI Jokowi. 

"Kalau kepastiannya (HUT RI tahun depan diselenggarakan di IKN), nanti Bapak Presiden (Jokowi) akan menyampaikan apakah tahun depan atau bagaimana. Nanti Bapak Presiden akan menyampaikan langsung," kata Bey kepada wartawan pada Minggu, 13 Agustus 2023. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Sementara itu, jelang upacara peringatan HUT ke-78 RI ornamen terkait IKN sudah terlihat di Istana Negara. Bey menjelaskan, ornamen itu memiliki arti semangat bahwa Indonesia segera memiliki ibu kota yang baru. 

"Iya memang temanya kan tema IKN. Ini semangat (yang ingin disampaikan melalui ornamen) bahwa kita memiliki Ibu Kota Nusantara," jelas Bey.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Jokowi Optimis HUT ke-79 RI Digelar di IKN. Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan optimismenya bahwa rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan segera terwujud. 

Bahkan, Kepala Negara meyakini pembangunan IKN dalam dua tahun ke depan berjalan pesat, sehingga Bangsa Indonesia dapat merayakan hari jadinya yang ke-79 di IKN pada tahun 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title