Warga NU Jatim Lebih Pilih Prabowo Ketimbang Ganjar di Pilpres 2024

Momen Adem Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto berpelukan
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) menyebut bahwa Warga Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur lebih memilih Prabowo Subianto ketimbang Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Survei iini dilakukan untuk pemilih di Jawa Timur.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Hal disampaikan Edwin Abdul, Direktur Riset SRS. Tren warga NU Jatim yang memilih Prabowo mengalami kenaikan lebih tinggi dibanding Ganjar. Justru tren warga NU yang memilih Anies mengalami penurunan.

"Dibanding survei kami Mei 2023 lalu, tren kenaikan terbanyak ada di Prabowo dari 40,2% menjadi 41,5%. Kemudian Ganjar Pranowo 35,6% jadi 36,5%, dan Anies Baswedan dari 11,1% menjadi 10,8%," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Rabu, 16 Agustus 2023.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Salah satu faktor condongnya warga NU memilih Prabowo ketimbang Ganjar, menurut Abdul adalah dukungan PKB. Berbeda dengan dua pilpres sebelumnya dimana Prabowo selalu berada di jalan yang berlawanan dengan PKB. 

"Dalam dua Pilpres sebelumnya, Prabowo selalu berada di jalan yang berlawanan dengan PKB, dan hasilnya Prabowo selalu kalah di Jatim karena kurang mendapatkan dukungan dari kaum nahdliyin. Setelah Prabowo mengandeng PKB, dukungan warga NU mulai mengalir," tambahnya.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Lebih jauh ia menyebut bahwa elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Timur unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan baik dalam top of mind hingga simulasi 3 nama.

"Elektabilitas Prabowo tertinggi di Jawa Timur dalam temuan survei kami SRS. Prabowo unggul atas Ganjar, dan Anies baik dalam top of mind, maupun simulasi tiga nama," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title