Gubernur Khofifah Luncurkan 22 Bus Trans Jatim Koridor II Rute Surabaya-Mojokerto

Prosesi peluncurkan Bus Trans Jatim Surabaya-Mojokerto
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa resmi meluncurkan bus Trans Jatim koridor II guna mempercepat layanan transportasi publik. Bus tersebut memiliki rute Surabaya-Mojokerto. 

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Peluncuran transportasi publik antar kota tersebut dilaksanakan pada Minggu, 20 Agustus 2023 di Terminal Kertajaya Mojokerto. Sedikitnya, ada 22 armada bus telah dipersiapkan. Prosesi pecah kendi menandai peluncuran bus dengan nama  Tribuwana Tunggadewi itu. 

Tarut hadir dalam peluncuruan itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Nyono, Plt Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Asdo Aptriviyanto, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. 

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Setelah pecah kendi, Khofifah melakukan uji coba terhadap bus Trans Jatim koridor II ini bersama pejabat yang hadir. Bus Trans Jatim dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman seperti AC dan kursi yang ergonomis. Tarifnya pun cukup terjangkau. Untuk penumpang umum tarifnya hanya Rp 5.000 dan pelajar atau santri Rp 2.500. 

Berdasarkan rute yang disusun, Bus Trans Jatim koridor II melewati Terminal Purabaya–Pasar Krian–Balongbendo–Mlirip–Terminal Kertajaya. Panjang rute mencapai 40 kilometer. 

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Namun, Trans Jatim koridor II tidak diperkenankan menaikkan atau menurunkan penumpang disembarang tempat. Dishub Jatim telah mempersiapkan 53 halte di sepanjang jalur yang dilalui. 

Dishub Jatim juga bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia Commuter terkait fasilitas Kartu Multi Trip (KMT). KMT merupakan integrasi pembayaran yang bisa digunakan  di halte saat akan naik bus Trans Jatim. Selain itu, ada pula aplikasi Trans Jatim Ajaib yang dapat digunakan untuk mengecek posisi bus dan halte. 

Halaman Selanjutnya
img_title