Kapolda Jatim Kunjungi Grha Wismilak Surabaya, Tegaskan Gedung Milik Kepolisian

Kapolda Jatim Kunjungi Grha Wismilak Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim –Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Toni Harmanto mengunjungi Grha Wismilak di Jalan Darmo 36-38, Tegalsari, Kota Surabaya.

Opening Store Custom Jersey, Allegiant Indonesia Berdayakan Ekonomi Lokal

Kedatangannya bersama jajaran untuk menegaskan bahwa gedung tersebut milik kepolisian.

Ton menjelaskan, pihaknya sengaja berkunjung ke gedung bersejarah tersebut tepat di hari lahir Polisi Istimewa yang diproklamirkan Jenderal Yasin pada 21 Agustus 1945 lalu.

KPU Jatim: Minggu Lusa Penetapan Nama Paslon Pilgub 2024

"Sehingga kegiatan kita di tempat ini sekaligus mengingatkan pada jajaran kepolisian generasi muda, bahwa tempat ini adalah tempat yang bersejarah. Yang mereka harus tahu ada sejarahnya, berdirinya Polisi Istimewa disini dan kemudian menjadi Polisi Republik Indonesia," jelas Toni kepada awak media, Senin 21 Agustus 2023.

Mengenai cemarut kepemilikan gedung berarsitektur Belanda tersebut, Toni menyampaikan bahwa bangunan tersebut sudah tercantum dalam daftar inventaris aset kode Jawa Timur. Sehingga proses peralihan harus seizin Kementerian Keuangan.

Bakar Jerami di Sawah, Kakek di Lamongan Tewas Terbakar

Namun saat proses peralihan berupa jual beli yang dilakukan manajemen Wismilak, izin tersebut tidak dikantongi.

"Dalam saat kantor Polisi ini berada, ada aktivitas kantor Polisi, muncul surat surat administrasi tanah yang memang harusnya dikonfirmasi secara fisik oleh yang menghuni disini," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title