Roy Suryo Sayangkan Peringatan HUT Ke-78 RI Pakai Lagu Rungkad

Putri Ariani tampil di HUT RI ke 78
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyayangkan perayaan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka. Ia mengkritik momen yang sakral itu justru melantunkan sesi lagu Rungkad disertai dengan joget-joget.

Hari Ini Mantan Menpora Imam Nahrawi Dinyatakan Bebas Bersyarat

Roy menjelaskan lagu Rungkad itu yang ia ketahui berasal dari Bahasa Jawa. Ia mengetahui sejak kecil bahwa makna rungkad itu seperti jebol atau mirip dengan kata ambyar.

"Jadi, memang ada perluasan arti. Tapi, ini dalam bahasa tradisional, apa yang terjadi itu, maksudnya mau benar, tapi tidak benar. Maksudnya mau betul tapi jadi salah," kata Roy dikutip dari VIVA pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Anak Kedua SBY Ajak Ribuan Masyarakat Trenggalek Pilih Prabowo-Gibran

Dia mengingatkan peringatan HUT RI di Istana itu mesti dilakukan dengan khidmat. Kata Roy, meriah boleh tapi mesti ada tempatnya. Menurut dia, biasanya ada pemisahan tempat serta waktu antara kemeriahan dan peringatannya.

Namun, ia juga mengapresiasi ada sesi rangkaian yang positif dalam peringatan HUT RI di Istana.

Ajak Warga Dukung Prabowo-Gibran, SBY Turun Gunung Kampanye Akbar di Bumi Blambangan

"Bagus, ketika ada variasi, ketika dulu-dulu gak ada kereta kencana yang membawa bendera dari Monas ke Istana. Itu modifikasi yang bagus," tuturnya.

Tapi, kata Roy, begitu ada sesi lagu Rungkad dinyanyikan, ia merasa aneh. Apalagi, ia menyinggung lirik lagu Rungkad terdapat kata-kata keras.

Halaman Selanjutnya
img_title