Tak Ada Atribut PKS di Deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin, Keluar Koalisi?

Anies dan Cak Imin usai Deklarasi Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jakarta, VIVA Jatim – Momen Deklarasi capres Anies Baswedan dan cawapres Muhaimin Iskandar alias cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu, 2 September 2023, tak satu pun nampak adanya atribut PKS. Terkait itu, Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP PKS, Ahmad Fathul Bari angkat bicara.

PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Ia mengatakan bahwa pemasangan atribut harus ada pembahasan di tingkat pimpinan pusat

"Karena memang hari ini kita dikhususkan untuk konpers kan, untuk menyampaikan dan dalam pembahasan mungkin mereka (DPD PKS Surabaya) tidak berani untuk mendahului ya untuk pemasangan karena kan ada pembahasan di tingkat pimpinan pusat," ujar dia kepada wartawan di DPP, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 September 2023.

Target Pilkada Menang, PKS Panasi Mesin Partai di Seluruh Jatim

Setiap langkah yang diambil PKS, lanjut Fathul Bari, selalu berdasarkan putusan pimpinan pusat. Sehingga, lanjut dia, pemasangan atribut tersebut juga harus berdasarkan keputusan pimpinan.

"Sekarang kan sudah jelas, yang diusung PKS memang pak Anies. Jadi itu sudah merupakan keputusan majelis syuro sebelumnya. Jadi sebetulnya tidak terlalu masalah, tapi kan tetep setiap langkah yang dilakukan harus berkoordinasi dengan Pimpinan pusat sehingga karena di sini ada persiapan untum konpers, mungkin secara teknis itu tidak dilakukan di sana oleh teman-teman (masang atribut PKS)," katanya.  

Bertemu Cak Imin, Duet Mas Dhito-Mbak Dewi Lanjut di Pilbup Kediri 2024

Sebelumnya, Petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) batal menghadiri deklarasi pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan - A Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 2 September 2023. Belum diketahui apa alasan PKS batal hadir.

"Presiden PKS (Ahmad Syaikhu) tidak jadi hadir," kata Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan, dikonfirmasi VIVA.

Halaman Selanjutnya
img_title