Ratusan Personel Berjibaku Padamkan Kebakaran Gunung Welirang di Mojokerto

Kebakaran di Tahura Raden Soerjo Pacet, Kabupaten Mojokerto.
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim – Ratusan personel berjibaku berupaya memadamkan api yang membakar kawasan Taman Hutan Raya (tahura) Raden Soerjo di Pacet, Kabupaten Mojokerto, yang menjalar dari kawasan lereng Gunung Welirang. Hingga Selasa, 5 September 2023 sore, api belum berhasil dipadamkan.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Kepala Bidang Kedarurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim, mengatakan, hingga kini kobaran api masih menyala. Adapun  titik api berada di Blok Curah Kluntung, Blok Coban Luku, dan Blok Lali Jiwo kawasan Taman Hutan Raya  Raden Soerjo, Pacet, Mojokerto. 

"Tanaman yang terbakar ilalang dan cemara gunung. (Kondisi terkini) terus meluas ke utara," katanya kepada wartawan. 

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

Ratusan personel terdiri dari BPBD Kabupaten Mojokerto, Tahura, TNI, Polri, dan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) telah dikerahkan  ketitik api. Namun karena lokasinya sulit dijangkau, sehingga proses penanganan ini menjadi terhambat. 

"Informasi yang di atas masih belum turun sekitar 126 orang," ujar Khakim. 

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Api yang membakar lereng Gunung Welirang ini akibat rembetan dari kebakaran Gunung Arjuno, Batu, sejak sepekan yang lalu. Api diketahui menjalar  ke wilayah Mojokerto pada Senin, 5 September 2023 dini hari. 

Hingga kini, kata Khakim, luasan area yang terbakar masih belum bisa diketahui. Akibat kebakaran ini, seluruh tempat wisata dan jalur pendakian kawasan Hutan R Soerdjo ditutup sementara. 

Halaman Selanjutnya
img_title