Inovasi Jalan Berlapis Panel Surya Karya Mahasiswa ITS Bisa Kurangi Emisi Karbon

Desain jembatan berbasis solar road karya tiga mahasiswa ITS
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil melakukan inovasi jalan berlapis panel surya pada jembatan. Inovasi ini berawal atas pesatnya pembangunan infrastruktur di Indonesia yang turut menyumbang emisi karbon dan menjadi pemicu besar terjadinya perubahan iklim.

Peneliti ITS Surabaya Sebut Gempa Tuban Akibat Sesar Aktif di Laut Jawa

Ketiga mahasiswa Departemen Teknik Sipil ITS tersebut adalah Royce Giovano Sutikno, Adi Drajad Budiman, dan Nathaniel Nico Prawira yang tergabung dalam tim The Civil Conqueror. 

Ketua tim, Royce Giovano Sutikno menjelaskan bahwa inovasi ini berangkat dari adanya isu perubahan iklim yang telah menjadi topik global dan fakta. 

Gandeng ITS, RSPL dr. Ramelan Surabaya Kembangkan Tangan Robot Untuk Anggota TNI AL

“Minimnya penggunaan energi baru terbarukan (EBT) pada pembangunan infrastruktur tersebut menjadi titik awal tercetusnya inovasi ini,” ujar Royce dalam keterangan resmi diterima VIVA Jatim, pada Selasa, 5 September 2023.

Ia mengatakan, pemilihan inovasinya bukan tanpa alasan. Dengan rata-rata penyinaran sepanjang tahun selama 2.000 – 3.000 jam, Indonesia memiliki potensi untuk menggantikan sumber tenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. 

Guru Besar ITS Prof Mokh Suef Gagas Sistem Matematis Mengukur Kepuasan Pelanggan

Selain itu, pengimplementasian solar road pada jembatan juga dinilai lebih efektif dibanding dengan jalan raya yang terkadang banyak terhalang pepohonan atau gedung-gedung tinggi. 

Oleh karena itu, Royce dan timnya mendesain jembatan inovatif tersebut dengan rangka atas dan samping yang minimal. Karena itu, melalui desain jembatan sepanjang 756,5 meter buatan tim ITS ini dapat menghasilkan energi listrik sebesar 13.843,95 kilowatt per jam. 

Halaman Selanjutnya
img_title