Menag Cawe-cawe Pilpres, DPRD Jatim Imbau Lembaga Negara tak Dipolitisasi

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur, Hikmah Bafaqih
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur Hikmah Bafaqih meminta semua pihak yang duduk di instansi pemerintahan tidak memanfaatkan lembaganya untuk cawe-cawe apalagi menyerang serang capres-cawapres 2024.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

"Siapa pun kalau itu lembaga negara ya tidak boleh kan memang," kata Hikmah ketika dikonfirmasi, Senin 11 September 2023.

Sikap pemanfaatan jabatan untuk kepentingan politik itu turut disayangkan Hikmah. Dalam situasi suhu politik yang menaik seperti saat ini, semua pihak harus fair, dan tidak memanfaatkan fasilitas negara untuk menjatuhkan sosok capres. Hal tersebut ia katakan sesuai dengan Amanat undang-undang.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

"Siapapun itu kalau lembaga negara, TNI dan Polri memang kan ada larangan Undang-Undang untuk tidak berpihak kepada salah satu. Mereka harus berdiri diatas semuanya," tandasnya.

Sebelumnya Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengimbau warga tidak memilih pemimpin yang jadikan agama alat politik. Pernyataan tersebut ditimpali Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Muhammad Umar Syadat Hasibuan.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Ia pun menyayangkan pernyataan Yaqut tersebut. Dalam tafsirannya imbauan itu mengandung tendensius, dan ingin menjatuhkan salah satu capres dengan memanfaatkan kedudukannya sebagai Menag.

"Pak menag tolong jangan jadikan kemenag menjadi alat politik untuk serang capres tertentu berhentilah bikin narasi seperti ini," tulis Gus Umar dalam cuitannya.

Halaman Selanjutnya
img_title