Survei Menilai Suara Prabowo Unggul dalam Semua Simulasi di Pulau Jawa

Menhan Prabowo
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Dalam survei Polling Institute periode 21-25 Agustus 2023, bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto unggul dalam semua simulasi terutama di basis pemilih wilayah Pulau Jawa. Hal ini disampaikan langsung oleh peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim.

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Ia mengatakan, Prabowo mendapat dukungan sebesar 46,6 persen. Di Jawa Barat, dia mendapat 35,8 persen. 

Sedangkan di Jawa Timur, Prabowo berhasil mendapat suara tertinggi dari semua wilayah Pulau Jawa sebesar 47,9 persen. Jumlah tersebut karena loyalitas pendukung Prabowo yang tetap terjaga. Posisi itu membuat Prabowo selalu unggul di hampir semua hasil survei.

Elektabilitas Anwar Sadad di Pilgub Jatim Capai 9 Persen Menurut Survei ARCI

Adanya perolehan tersebut dinilai Prabowo telah memiliki basis pendukung yang loyal dari dua pemilu sebelumnya. Loyalitas itu menjadi modal elektoral bagi Menteri Pertahanan tersebut di Pilpres 2024.

"Prabowo sendiri juga sudah memiliki modal elektoral basis loyal dari dua pemilu sebelumnya meskipun sebagian sudah tergerus ke Anies Baswedan di beberapa wilayah," katanya dikutip Rabu, 13 September 2023.   

Kawal Coblosan Pilpres, TPD Ganjar-Mahfud Jatim Kerahkan Ratusan Ribu Relawan di TPS

Menurut Kennedy, Prabowo juga berada dalam posisi yang sangat strategis. Prabowo dianggap sebagai representasi dari politik jalan tengah. Posisi tersebut cukup membantu meningkatkan elektoral Prabowo

Kennedy mengemukakan, posisi Prabowo tersebut menjadikan dia sebagai capres opsi kedua di antara kedua kubu, baik Anies ataupun Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
img_title