Hujan di Trenggalek-Tulungagung Diprakirakan Pertengahan November

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Stasiun Klimatologi Jawa Timur merilis beberapa waktu lalu prakiraan awal musim hujan. Wilayah Kabupaten Trenggalek dan Lumajang menjadi daerah yang memasuki awal musim penghujan lebih awal.

Udara Panas Landa Indonesia Belakangan Ini, BMKG Ungkap Penyebabnya

Hal tersebut diungkapkan Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Timur, Anung Suprayitno. Prakiraan awal musim hujan yang pertama atau datang paling cepat. Inti dari data yang dimiliki daerah paling dahulu memasuki musim hujan bika dicermati warna agak kehijau-hijauan.

"Yakni di November II terjadi di Trenggalek-Tulungagung bagian utara, bagian timur Ponorogo dan sebagian Barat Kabupaten Kediri ada juga nanti bagian barat nyambung dengan Kabupaten Malang dan sebagian Kabupaten Blitar," terang Anung Suprayitno, diterima VIVA Jatim, Jum'at, 15 September 2023.

Awal Mei 2024, 26 Provinsi Diprediksi Diguyur Hujan Lebat

Menurutnya, musim hujan di daerah tersebut bila dicermati paling mendahului dibanding wilayah lainnya di Jawa Timur. Namun, rata-rata yang cermati bahwa awal musim hujan di Jawa Timur di November II dan November III. Yaitu setelah tanggal 10 November 2023 diharapkan sebagian besar wilayah Jawa Timur masuk musim hujan.

"Dengan kriteria curah hujan bulanan lebih dari 100 mm atau setiap dasarian nya terukur curah hujan sebesar 50 mm," terangnya.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Pria yang berkantor di Jalan Zentana No 33 Karangploso, Malang Jawa Timur mengungkapkan curah hujan sebesar 50 mm menjadi momen yang pas dan kondusif bila dikaitkan dengan pertanian, yaitu komoditas tanaman padi dan sejenisnya.

Anung menambahkan, di Jawa Timur di 2023 ada juga yang menyebrang terjadi di Januari dasarian 1 yaitu di awal tahun 2023. Daerah yang terjadi yaitu Situbondo bagian timur, Banyuwangi, sekitar wilayah Baluran.

Halaman Selanjutnya
img_title