Cerita Gus Fahmi Tebuireng Mandi di Kampus saat Mondok di Gading 4 Tahun

Gus Fahmi usai acara temu alumni Pondok Gading
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim – Kegiatan 'Temu Alumni' Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Gading Kota Malang di Masjid Ulul Albab Pondok Pesantren Putri Tebuireng Jombang memiliki kisah menarik. Salah satu alumni, KH Fahmi Amrullah Hadziq mengaku selama empat tahun mandi di kampus.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

KH Fahmi Amrullah Hadziq atau yang kerap disapa Gus Fahmi ini menjelaskan, hal itu beliau lakukan lantaran kondisi santri yang mandi harus bergantian. Antri panjang dan harus menimba dengan pompa air, para santri menyebutnya pompa dragon.

"Saya di Gading tahun 1986 sampai 1990, dan tentu selama mondok itu banyak sekali pengalaman-pengalaman yang amat menarik bagi saya. (Mandi di kampus) Selama saya mondok, jadi 4 tahun itu saya tidak pernah mandi di pondok," terang Gus Fahmi saat dikonfirmasi, Selasa, 19 September 2023.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Kiai muda Pengasuh Pondok Pesantren Putri Tebuireng Jombang ini menjelaskan kuliah di Institut Keguruan dan Imu Pendidikan (IKIP) yang saat ini menjadi Universitas Negeri Malang (UM) di Jurusan Bahasa Ingris.

Selama mondok di Gading dan pagi hari kuliah, Gus Fahmi menempuh jalan kaki, mengingat jarak ke kampus sekitar 1,6 hingga 2 KM.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

"Tidak tega (melihat santri sedang) antri, teman-teman hafal semua.

Kalau bawa tas saya, isinya handuk, odol, sampo, baju, jadi dulu waktu itu masih agak serem bangunan di IKIP agak serem harus kendel (berani) saat itu," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title