Dalam Rangka HUT KAI ke-78, Layanan Rail Clinic & Rail Library Hadir Kembali di Kota Surabaya

Layanan Kesehatan dari KAI
Sumber :
  • KAI

Jatim – Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) KAI Daop 8 Surabaya menghadirkan kembali layanan kesehatan kereta sehat (Rail Clinic) dan layanan kereta pustaka (Rail Library) di Kota Surabaya pada kamis 21 September 2023. Layanan tersebut dihadirkan kembali dalam rangka HUT ke-78 KAI. 

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic generasi ke-4 ini. 

Di antara layanan yang dihadirkan meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana serta penyuluhan kesehatan, jelasnya. 

Hari Kedua Arus Balik, 19.666 Orang Berangkat dari Surabaya Gunakan Kereta Api

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 1 bidan, 2 apoteker, dan 14 paramedis.

Disamping layanan kesehatan, Rail Clinic Generasi ke-4 juga tersedia layanan Rail Library atau kereta pustaka. Siswa-siswi serta masyarakat sekitar yang hadir dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Rail Library tersebut yang di dalamnya menyediakan ratusan buku bacaan, dan dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, yang terkoneksi dengan internet.

Warga Surabaya Keluhkan Pagar Penghalang Motor di Trotoar Banyak yang Rusak

"Rail Library merupakan layanan perpustakaan di atas kereta, dimana di dalamnya terdapat taman baca bagi siswa sekolah, juga edukasi tentang perkeretaapian," tambah Luqman.

Dalam kegiatan Bakti Sosial ini KAI Daop 8 Surabaya bersinergi dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya, yang memberikan edukasi tentang pencegahan kecanduan internet pada anak & remaja. 

Halaman Selanjutnya
img_title