Anies Baswedan Berpotensi Tersenggol bila Pilpres 2024 Terjadi 2 Poros

Bacapres Anies Baswedan
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Dinamika politik tanah air terus bergejolak. Sebelum KPU membuka pendaftaran Capres-Cawapres, berbagai kemungkinan masih akan terjadi. Kini, muncul isu bahwa Pilpres 2024 bakal diikuti oleh hanya dua poros koalisi. Padahal, saat ini terdapat tiga poros Capres, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Zulhas Dukung Presidential Club Ala Prabowo: Demi Indonesia Emas 2045

Pakar politik Adi Prayitno menganalisa dalam politik di Tanah Air segala kemungkinan bisa terjadi selama sebelum pendaftaran resmi pasangan capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia menyebut kemungkinan ada dua skenario jika isu dua poros itu terealisasi.

Menurut dia, dalam skema pertama dua poros yaitu head to head antara Prabowo Subianto melawan Ganjar Pranowo. Dengan kondisi itu, maka bakal capres Koalisi Perubahan yaitu Anies Baswedan bakal tereliminasi karena gagal dapat tiket.

PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Bahkan, kata dia, efek Prabowo Vs Ganjar kemungkinan berdampak terhadap duet Anies dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang gagal mendaftar ke KPU. Duet yang diakronimkan sebagai AMIN itu disebutnya bisa bubar.

"Dua poros itu skenarionya dua. Pertama koalisi AMIN bubar. Maka yang terjadi head to head Ganjar dan Prabowo. Partai pengusung AMIN bubar," kata Adi dikutip dari VIVA, Jumat, 22 September 2023.

Bertemu Cak Imin, Duet Mas Dhito-Mbak Dewi Lanjut di Pilbup Kediri 2024

Lalu, skema kedua kemungkinan Prabowo-Ganjar berduet seperti isu yang belakangan berhembus. Duet Prabowo-Ganjar itu head to head dengan pasangan Anies-Cak Imin.

Menurut dia, dalam opsi skema kedua ini sulit untuk Ganjar-Anies melebur berduet. Pun, begitu juga dengan Ganjar-Cak Imin. Meski dalam politik tak ada yang tak mungkin. Tapi, ia memprediksi jika pasangan Anies-Cak Imin tak bisa mendaftar maka kedua tokoh itu akan sama-sama tak jadi kontestan Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title