Survei Cagub Jatim versi ARCI, Achmad Fauzi Ungguli Eri Cahyadi dan Gus Ipul

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt,
Sumber :
  • Abdul Hadi/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Survei yang dirilis Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) tentang elektabilitas Calon Gubernur Jawa Timur menunjukkan nama Achmad Fauzi, Bupati Sumenep unggul dari Wali Kota SurabayaEri Cahyadi dan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Elektabilitas Achmad Fauzi berada di angka 15,2%. "Elektabilitas Pak Fauzi mencapai 15,2 %," kata Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt, dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Jumat, 22 September 2023.

Secara umum elektabilitas Achmad Fauzi masuk di urutan ketiga setelah nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

THR-TRS di Surabaya bakal Dijadikan Tempat Konser Skala Internasional

Angka itu, selain menempatkan elektabilitas Fauzi di nomor tiga, juga jauh meninggalkan elektabilitas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Gus Ipul yang pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode dan saat ini menjabat sebagai Walikota Pasuruan.

Eri Cahyadi menempati angka 5,7%, dan Wali Kota Pasuruan Gus Ipul hanya di angka 3,3%. "Gus Ipul hanya 3,3 %," ungkapnya.

Wali Kota Eri Cahyadi Sebut Rumdisnya adalah Rumah Masyarakat Surabaya

Baihaki memaparkan, faktor yang mempengaruhi elektabilitas Fauzi dalam bursa Cagub Jatim tidak lepas dari kesuksesannya dalam memimpin Kabupaten Sumenep.

Di antaranya kata Baihaki, sektor pariwisata di Kabupaten Sumenep mengalami kemajuan. Berbagai event pariwisata dan pengelola destinasi wisata yang ada mampu menarik wisatawan semakin banyak berkunjung ke Sumenep, bahkan wisatawan asing.

Halaman Selanjutnya
img_title