Petaka Bakar Sampah Tak Diawasi, Gudang Kayu di Gresik Terbakar Hebat

Gudang Kayu di Gresik Terbakar Hebat
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA JatimKebakaran gudang kembali terjadi di Kabupaten Gresik, kali ini melanda sebuah gudang dan pabrik kayu milik UD. Karya Mandiri 26 yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono Nomor 26, Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas. Kebakaran dipicu pembakaran sampah di lahan kosong yang tidak diawasi.

Puskesmas Kutorejo Mojokerto Terbakar, Ruang Penyimpanan Obat Ludes

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan alias Damkarla Kabupaten Gresik Agustin Halomoan Sinaga menjelaskan, kebakaran tersebut diketahui pada pukul 13.30 WIB. Kejadian kebakaran bermula dari api yang membakar lahan kosong dekat pabrik kayu tersebut.

Akibat hembusan angin yang kencang yang mengarah ke gudang, api melebar dan meluas sehingga gudang yang menyimpan kayu pun ikut terbakar. 

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

“Jadi sekitar pukul 13.30 WIB warga setempat dan pekerja pabrik/gudang kayu melihat kobaran api yang membakar alang alang di lahan kosong tersebut, api berasal dari lahan kosong yang terbakar karena pembakaran sampah yang tidak diawasi lebih lanjut,” ungkap Sinaga, Jumat 29 September 2023.

Melihat kebakaran tersebut, seorang warga bernama Kiki melaporkan ke Damkarla Gresik yang dengan cepat merespon laporan tersebut.

Rumah Lantai 2 Terbakar gegara Korsleting Listrik di Trenggalek 

Saat tiba di lokasi dan melakukan mapping, pasukan Damkarla membutuhkan banyak unit mobil pemadam kebakaran dan suplai air, dikarenakan kobaran api sangat besar sampai-sampai membakar gudang kayu.

“Api baru bisa dipadamkan sampai tengah malam, kurang lebih pukul 23.30 malam. Kira-kira 11 jam lah,” jelas Sinaga.

Halaman Selanjutnya
img_title