Penuh Antusias, Anak Muda Jombang Belajar Kopi Excelsa dari Ganjar Creasi

Anak Muda Jombang Belajar Kopi Excelsa
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim - Banyak anak muda yang belum mengetahui bahwa Jombang memiliki kopi hasil produk lokal daerahnya sendiri. Kopi tersebut ialah excelca atau yang juga biasa disebut kopi asisa.

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Sebabnya benyak sekali anak muda yang sangat antusias saat sukarelawan Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR Bersama Ganjar atau Ganjar Creasi (G-Creasi) mengenalkan kopi excelca dalam workshop pengolahan kopi pada Sabtu, 30 September 2023.

Puluhan anak muda dari berbagai daerah di Jombang ikut serta dalam kegiatan yang digelar di Golden Ratio Coffee di Kelurahan Sengon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Sebanyak 169 Anggota Perguruan Silat Diamankan Polisi di Jombang, Ada Apa?

Koordinator Daerah G-Creasi Jombang, M Gaffari menilai bahwa kopi excelca merupakan salah satu jenis kopi terbaik di Jawa Timur. Excelsa merupakan varietas kopi yang paling banyak tumbuh di kawasan sekitar lereng gunung Anjasmoro. 

"Excelca ini merupakan biji kopi terbaik kedua di Jawa Timur. Ini merupakan produk asli dari Jombang. Namun sayangnya banyak anak kopi yang sekadar minum saja tapi asal usul dan value di balik secangkir kopi yang mereka minum," kata Gaffari.

Tanah Bergerak Sebabkan Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

Gaffari berharap, para peserta bisa semakin mengenal kopi excelca sebagai salah satu produk lokal kebanggaan Jombang, dan bisa mempromosikan kopi tersebut pada rekan-rekannya.

"Harapannya setelah ini mereka jadi lebih bangga dan turut mempromosikan produk kopi lokal di daerah mereka. Biji kopi excelca dari Jombang,," harap Gaffari.

Halaman Selanjutnya
img_title