Khofifah Optimis Pelaku UMKM Jatim Naik Kelas bila Adaptasi dengan Digital

Khofifah saat meninjau Jatim Fest di Jatim Expo Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimis Pelaku UMKM bisa naik kelas bilamana mampu beradaptasi dengan ekosistem digital. Apalagi, digelarnya Jatim Fest 2023 juga dinilai mampu memberikan penguatan dan mendorong UMKM memilik produk unggulan.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

"Sinergitas antara pelaku usaha, BUMD, BUMN dan pemerintah memberikan penguatan serta peningkatan atau naik kelasnya UMKM kita harapkan bisa lebih cepat, lebih cepat dan lebih cepat lagi baik secara digital ekosistemnya maupun dari skill," kata Gubernur Khofifah usai meninjau langsung Jatim Fest yang dihelat di Jatim Expo Surabaya, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Yang menggembirakan dalam tiga hari sejak pembukaan pada Rabu, 4 Oktober 2023, gelaran Jatim Fest telah dikunjungi 17.931 orang dengan total transaksi mencapai Rp. 7.277.188.000.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Rinciannya, hari pertama transaksi Rp. 1.705.907.000 dengan pengunjung sebanyak 3.748 orang. Di susul hari kedua, mencatatkan transaksi sebesar Rp. 2.668.167.000 dengan jumlah pengunjung 6.797 orang. Dan hari ketiga, mencatatkan transaksi senilai Rp. 2.903.114.000 dengan pengunjung sebanyak 6.846. 

"Alhamdulillah, dalam tiga hari sudah mencapai lebih dari Rp 7 Miliar. Ini menjadi bukti bahwa acara ini mampu menjadi penggerak perekonomian bagi UMKM," kata Gubernur Khofifah.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

"Melihat tren ini, kami optimis angka transaksi dan pengunjung pun akan terus meningkat hingga acara penutupan yang akan dilakukan pada 8 Oktober 2023 sore," imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam mewujudkan UMKM naik kelas, pihaknya mendorong pelaku usaha cepat beradaptasi dengan digital ekosistem. Sebab, semakin hari berbagai cara pemasaran produk diperlukan utamanya melalui digital marketing.

Halaman Selanjutnya
img_title