Amankan Pemilu 2024, Polres Gresik Siapkan 660 Personel Selama 222 Hari

Sispamkota dan gladi pengamanan Pemilu oleh Polres Gresik
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim –Sekitar 660 personel Polres Gresik diterjunkan guna mengamankan seluruh tahapan pemilu 2023-2024. Pengamanan tersebut dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 oktober 2023 sampai dengan 20 oktober 2024. 

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Wakapolres Gresik Kompol Erika Purwana Putra, menjelaskan terkait tindak pidana pemilu, Polres Gresik melakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar sentra gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

"Apabila nantinya terdapat situasi bencana alam di suatu daerah seperti contohnya mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi pengungsian," ujarnya, Selasa, 17 Oktober 2023.

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

Ia melanjutkan dengan mengoptimalkan preventive strike agar pelaku teror berhasil ditangkap sebelum melancarkan aksinya, sehingga kita bisa memastikan tidak ada letupan sekecil apapun pada pemilu 2024.

"Kesiagaan ini juga untuk mengantisipasi adanya gangguan terror dari pelaku terror melalui preventive strike tersebut," ungkapnya usai acara.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Mantan Kasat Lantas Polres Gresik ini menambahkan Polri juga menggelar operasi nusantara Cooling system 2023-2024 untuk membangun narasi guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehouse of falsehood dan black campaign.

"Selain itu juga Polri dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pemilu damai. Setelah apel kesiapan pengamanan pemilu 2024 dilanjutkan Sispamkota dan gladi lapangan guna kesiapan menghadapi pemilu 2024," terang Kompol Erika.