Euforia Lautan Manusia di Surabaya, Meriahkan Jalan Santai Hari Santri 2023

Lautan manusia tumpah di Surabaya
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimJalan Santai dalam rangka memperingati Hari Santri 2023 di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya berlangsung meriah. Lautan manusia tumpah di sepanjang jalan seraya melantunkan Selawat Nabi. Mereka terdiri dari kaum santri, warga NU dan masyarakat umum. Sabtu, 21 Oktober 2023.

PAD Jatim di 2023 Memburuk, Butuh Kepemimpinan yang Progresif

Acara yang dimulai pukul 06.00 WIB itu digelar atas kerjasama Kementerian Agama RI, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ratusan ribu manusia yang tumpah itu berjalan menyusuri Jalan Gubernur Suryo, Jalan Panglima Sudirma, Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Tunjungan.

Pantauan Viva Jatim di lokasi, peserta berjalan di Jalan Gedung Negara Grahadi lalu menuju ke arah Jalan Panglima Sudirman, Bambu Runcing. Peserta kemudian putar balik ke patung Karapan Sapi, Basuki Rahmat, berbelok menuju Praban, Jalan Tunjungan. Kemudian kembali ke Gedung Negara Grahadi.

PCNU Surabaya Serahkan Kasus Lambang NU Dipelesetkan ke PBNU

Lautan manusia yang tumpah ruah itu membuat ribuan aparat keamanan, baik TNI maupun Kepolisian tampak bersibukria. Acara makin meriah dengan euforia peserta yang beragam. Ada yang mengibarkan bendera merah putih, bendera NU, serta poster ucapan Selamat Hari Santri dari berbagai kalangan.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur, Ali Kuncoro mengatakan bahwa acara yang meriha itu merupakan wujud kebersamaan semua elemen strategis. Baginya, peringatan Hari Santri 2023 yang digelar di Surabaya adalah momentum baik dalam merawat kebersamaan. 

Komitmen Emil Jaga Daya Saing Ekonomi Jatim lewat Industri Manufaktur

"Ini wujud kebersamaan semua elemen strategis yang ada di Jawa Timur. Nah, bertepatan Hari Santri, kita ingin ambil peran. Konsep awal ada East Java Santri Run,” katanya, dikutip dari berbagai sumber.

Antusiasme memperingati Hari Santri 2023 juga digelorakan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Ia begitu bersemangat menyambut kedatangan peserta berjumlah 950 ribuan sedari subuh. 

Halaman Selanjutnya
img_title