Bentuk Rasa Syukur, Warga Desa Brangkal Gresik Gelar Sedekah Bumi

Sedekah bumi warga Desa Brangkal Balongpanggang gelar wayang kulit
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA JatimKearifan lokal sedekah bumi masih cukup kental dalam kehidupan masyarakat, termasuk di Desa Brangkal Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Seperti kegiatan resik punden yang kemudian dilanjut menggelar pertunjukan tradisional wayang kulit semalam suntuk.

Tradisi Malem Selawe: Acara Rutin Peninggalan Sunan Giri untuk Mendapat Berkah Lailatul Qadar

Kegiatan tradisi warga ini dimulai siang hari dengan membersihkan punden di Desa setempat, kemudian dilanjutkan dengan acara wayangan yang disukai warga Desa.

Sedekah bumi ini sudah dilakukan turun temurun, sebagai bentuk rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang sudah diberikan seperti sehat jasmani, rohani dan ekonomi.

Desa Pangkahwetan Gresik Jadi Kampung Bandeng, Mampu Panen 20 Ton Perhari

Kepala Desa (Kades) Brangkal Dodik Setiawan mengatakan tradisi sedekah bumi ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang diberikan kepada warga.

"Kearifan lokal sedekah bumi ini sebagai rasa syukur warga dengan apa yang sudah Tuhan berikan. Seperti kemakmuran, sehat jasmani dan rohani dan dijauhkan dari musibah," ucapnya, Sabtu, 21 Oktober 2023 malam.

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Gresik Konsisten Bangun Pustu

Ia menjelaskan pada siang hari, warga melakukan bersih-bersih di area punden Desa, bergotong royong agar tetap guyup rukun sesama warga Desa. Kemudian dilanjut dengan pagelaran wayang kulit sebagai pemuncak acara sedekah bumi.

"Setelah bersih-bersih secara bergotong-royong, malam hari diadakan pagelaran wayang dengan dalang Ki Puguh Prasetyo. Wayang hiburan tradisional, warga Desa menyukainya," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title