Momen HSN 2023: Gubernur Khofifah Dorong Santri Cegah Perpecahan Jelang Pemilu 2024

Gubernur Khofifah saat momen HSN 2023 di Tugu Pahlawan
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA Jatim – Pada momen peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang dilaksanakan di Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Minggu 22 Oktober 2023, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tekankan kepada seluruh santri untuk berperan aktif membangun suasana kondusif di tengah suksesi pemilihan umum 2024.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Gubernur Khofifah mengatakan, menjelang pemilu serentak timbul perpecahan yang berpotensi tinggi di kalangan kelompok yang tidak sejalan.

Menurutnya, tensi politik di masyarakat berpotensi semakin tinggi sehingga berpotensi pula memicu konflik dan polarisasi. Apalagi, kata dia, pelaksanaan pemilu Presiden dan Wapres serta legislatif dilaksanakan secara serentak. 

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

“Persatuan dan kesatuan bangsa di atas segalanya. Jangan sampai fanatisme terhadap sebuah pilihan membuat bangsa ini terpecah belah. Santri harus menjadi pionir perdamaian,” ungkap Khofifah dalam peringatan Hari Santri 2023 di Kota Surabaya, Minggu 22 Oktober 2023. 

Khofifah menyebut sejarah santri diukir dengan ikut memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Karenanya, sudah selayaknya santri dapat terus berseiring dalam merefleksikan nilai-nilai perjuangan tersebut dalam konteks Indonesia kekinian. 

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Dengan intelektualitas yang tinggi dan pemahaman serta wawasan keagamaan yang luas, Khofifah yakin seluruh santri mampu mencegah terjadinya perpecahan akibat pemilu 2024 dan menjaga perdamaian demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. 

“Santri harus ambil bagian menjadikan seluruh tahapan pemilu berlangsung dengan jujur, adil, dan penuh dengan kedamaian,” imbuhnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title