Pilpres 2024 Lebih Seru dan Pelik, Banyak Tinggalkan Luka Politik

Ilustrasi Surat Suara
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berlangsung seru dan pelik bila dibandingkan tahun 2014 dan 2019. Bukan karena jumlah kandidat, melainkan banyaknya luka-luka politik yang ditinggalkan.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Pernyataan ini disampaikan oleh Moechtar W Oetomo, pakar politik asal Universitas Trunojoyo Madura kepada Viva Jatim, Minggu 22 Oktober 2023.

Menurut Mochtar, akrobat politik para politikus belakangan ini melahirkan suasana psikologis yang begitu pelik menjelang kontestasi Pilpres 2024.

Usai Kalah Sengketa Pilpres di MK, Cak Imin Bilang Begini

Diawali dengan bubarnya Koalisi Indonesia Bersatu setelah Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional melabuhkan dukungannya kepada Prabowo Subianto.

Kemudian Koalisi Perubahan juga pecah seiring penetapan Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Hal yang sama pula terjadi pada Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Koalisi Partai Gerindra dan PKB ini buyar dan berganti nama Koalisi Indonesia Maju.

"Ini tentu melahirkan sebuah kondisi psikologis politik yang cukup pelik, cukup rumit. Dimana begitu mudah, begitu gampang partai koalisi berpindah ke koalisi yang lain," kata Mochtar.

Halaman Selanjutnya
img_title