Jatim Jadi Arena Politik yang Unik, Butuh Strategi Ampuh untuk Menang

Peneliti Senior SSC Surokim Abdussalam
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 kian mendekat. Sejumlah partai politik pengusung calon mulai mempersiapkan sejumlah strategi untuk mencapai kemenangan. Tidak terkecuali di Jawa Timur, salah satu provinsi terluas di Indonesia. 

Risma Blusukan di Banyuwangi, Sapa Warga Hingga Promosikan UMKM Lokal

Menurut salah seorang pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam, Jatim merupakan daerah yang memiliki arena politik unik. Uniknya dalam hal ini susah ditebak oleh para calon yang ikut kontestasi Pilkada 2024. 

"Ragam geo politiknya beda-beda. Orang bisa kuat di Madura tapi belum tentu kuat di Mataraman, wilayah Arek, Pandalungan atau mungkin Pantai Utara," katanya, dikutip dari VIVA, Rabu, 4 September 2024.

ASN Deklarasi Netralitas di Pilkada Trenggalek 2024

Surokim menuturkan Jatim menjadi arena politik yang unik dan susah ditebak lantaran provinsi ini memiliki beragam kondisi geografis dan karakter daerah yang berbeda-beda.

Hal tersebut pada akhirnya memengaruhi pembentukan karakter masyarakat yang plural sehingga dibutuhkan ketepatan dan ketelitian dalam membuat strategi politik.

Kampanye di Lingkungan Kampus, PMII Jatim Siap Fasilitasi Ciptakan Demokrasi Cerdas

"Tipikal masyarakatnya sangat berbeda, ada yang metropolitan seperti Surabaya, ada yang sangat religius, dan ada yang tradisional sehingga butuh strategi yang ekstra," ujarnya.

Selain itu, Surokim yang sekaligus merupakan peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) ini menuturkan waktu yang mepet menjadi tantangan tersendiri untuk para pembuat strategi bagi setiap pasangan calon kepala daerah.

Halaman Selanjutnya
img_title