Dinilai Ragu-ragu, PM Netanyahu Didesak Perintahkan Militer Israel Invasi Darat di Jalur Gaza 

PM Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • Viva

Tel Aviv, VIVA Jatim – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu didesak agar menyetujui invasi darat Jalur Gaza oleh Tentara Israel. Menurut IDF, serangan darat tersebut dibutuhkan sekalipun harus mengorbankan banyak tentara. 

Kemlu RI Imbau WNI Tak Melakukan Perjalanan ke Iran atau Israel

"Para pejabat militer percaya bahwa penting untuk melancarkan operasi darat di Gaza agar mencapai tujuan perang Israel, bahkan sekalipun dengan mengorbankan banyak tentara,” kata media Harian Haaretz, pada Senin, 23 Oktober 2023.  

“Pemerintah telah memerintahkan IDF untuk menghancurkan kemampuan militer dan pemerintahan Hamas serta menciptakan realitas keamanan baru di Gaza,” tambah harian itu, dikutip dari Middle East Monitor, Selasa, 24 Oktober 2023. 

27 Prajurit TNI Dapat Penghargaan Usai Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza

Netanyahu dinilah oleh militer Israel merasa ragu untuk melancarkan serangan darat. Dia kurang percaya terhadap kemampuan tentara untuk mencapai tujuan konflik Gaza yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Dalam upaya meredakan ketegangan antara pihak politik dan militer, Netanyahu, Menteri Pertahanan, Yoav Gallant, dan Panglima Angkatan Darat, Herzl Halevi, menyebut bahwa mereka bekerja kerja sama yang erat dan penuh, dia juga mendesak media untuk menghindari publikasi palsu.  

5 Negara dengan Pasukan Khusus Militer Mengerikan, Indonesia Punya Kopassus

Sebelumnya, pada Senin, Radio Angkatan Darat Israel mengatakan Tel Aviv telah memutuskan untuk menunda operasi darat di Gaza sambil menunggu kedatangan pasukan tambahan AS ke wilayah tersebut. 

Konflik di Gaza, yang berada di bawah pemboman dan blokade Israel sejak 7 Oktober, dimulai ketika Hamas memulai Operasi Banjir Al-Aqsa, sebuah serangan mendadak multi-cabang yang mencakup serangkaian peluncuran roket dan infiltrasi ke Israel melalui darat, laut dan  udara. 

Halaman Selanjutnya
img_title