Sasar Warga Terdampak Kekeringan, LAZISNU Sumenep Salurkan 30 Ribu Liter Air Bersih

LAZISNU Sumenep Salurkan 30 Ribu Liter Air Bersih
Sumber :
  • Ibnu Abbas/ Viva Jatim

Sumenep, VIVA Jatim - Kekeringan akibat kemarau panjang dialami oleh beberapa daerah di Jawa Timur. Salah satunya di Kabupaten Sumenep, Madura. Akibat dari kemarau panjang ini, ketersediaan air bersih yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat pun kian menipis. 

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Melihat kondisi tersebut, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) melakukan penyaluran 30 ribu liter air bersih di Desa Prancak dan Desa Montorna Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Selasa, 24 Oktober 2023. 

Ketua PCNU Sumenep, KH A Pandji Taufiq mengatakan bahwa setiap tahunnya, beberapa wilayah di Sumenep memang langganan kekurangan air bersih saat kemarau panjang. Termasuk dua desa tersebut adalah salah satu daerah yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Saat ini pun, lanjut Kiai Pandji, beberapa upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kekurangan tersebut belum sepenuhnya maksimal. Maka perlu melibatkan banyak pihak agar kekurangan air bersih yang dialami masyarakat dapat terpenuhi. 

"Maka memang diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk PCNU melalui LAZISNU mengupayakan bagaimana menggerakkan elemen masyarakat untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan itu," ungkapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon. 

15 Orang Pembuat Petasan di Sumenep Diringkus Kepolisian, Terancam 20 Tahun Penjara

Kiai Pandji, sapaan lekatnya berharap, giat kemanusiaan itu lebih masif lagi dilakukan. Termasuk dengan banyak melibatkan instansi lain agar kebermanfaatannya juga makin dirasakan oleh masyarakat. 

"Seperti yang Batuputih, kabarnya sekarang sudah ada pengeboran. Jadi kami berharap upaya-upaya ke depan yang dilakukan bisa jauh lebih konkret lagi," tegasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title