Akan Tangani 720 Kasus Kesehatan, Gubernur Khofifah Lepas Tim Yankes ke Pulau Kangean

Gubernur Khofifah lepas Tim Yankes ke Pulau Kangean Sumenep
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA JatimTim Pelayanan Kesehatan (Yankes) diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mereka bergerak untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pulau Kangean, Kab. Sumenep. 

Pj Gubernur Adhy Apresiasi Peluncuran Layanan Imunoterapi Nusantara RS Bhayangkara Surabaya

Pemberangkatan tim tersebut dari halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Rabu 26 Oktober 2023, dini hari. Pemberangkatan Tim Yankes Bergerak ini juga termasuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim. 

Adapun total Tim Yankes Bergerak itu sebanyak 91 orang, dengan rincian 63 orang berangkat dari Grahadi dan 28 orang berangkat dari Sampang dan Sumenep.

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Tim ini akan memberikan layanan kesehatan di Pulau Kangean selama 4 hari pada 26 - 29 Oktober 2023. Lokasi pelayanan dipusatkan di Rumah Sakit Abuya Kangean, Puskesmas Arjasa dan Kantor Kecamatan Arjasa.

Sebelum pemberangkatan, Gubernur Khofifah secara simbolis menyematkan rompi kepada lima orang perwakilan tenaga kesehatan (nakes) Tim Yankes Bergerak.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan, Yankes Bergerak merupakan wujud upaya penjangkauan layanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan. Ini penting, mengingat kondisi geografis yang tidak mudah, terbatasnya sumberdaya seringkali menjadi tantangan akan pemenuhan kebutuhan yankes di kepulauan.

"Ini adalah upaya penjangkauan layanan kesehatan bagi wilayah kepulauan di Jatim. Proses-proses ini memang harus kita lakukan karena ada kesulitan di beberapa hal sehingga program penjangkauan harus dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh Dinkes Prov. Jatim," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title