Ganjar Serap Aspirasi Petani Lewat Diskusi ‘Rembuk Tani’

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube PDI Perjuangan

Lampung, VIVA Jatim – Penerapan modernisasi pertanian agar para petani semakin mandiri dan tak bergantung pada bantuan diproyeksikan olel Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Program DITO, Produktivitas Padi di Kediri Naik Jadi 6,24 Ton Per Hektare

Dalam acara menyerap aspirasi ratusan petani dalam diskusi “Rembuk Tani” para petani menyampaikan keresahan terkait kapasitas sumber daya manusia (SDM) pertanian yang masih belum memadai kepada Ganjar.

Sehingga ketika bibit mahal dan pupuk subsidi dikurangi, para petani kelimpungan karena belum memiliki kemampuan untuk menciptakan bibit atau membuat pupuk organik secara mandiri. 

Ganjar Usul Hak Angket Pilpres, Ketua Golkar Jatim Sebut Salah Alamat

Maka, solusi yang diberikan Ganjar adalah penerapan mekanisme pertanian modern dengan menambah penyuluh pertanian manusia dan penyuluh artificial intelligence (AI), agar petani mandiri dan tidak bergantung lagi pada bantuan. 

“Maka satu penyuluh harus disiapkan untuk ditambah. Atau kalau tidak, harus masuk artificial intelligence sehingga penyuluhnya itu diimbangi. Diimbangi itu artinya ya penyuluh yang manusia ada, dan penyuluh yang kecerdasan buatan ada sehingga bisa menggunakan gadget,” kata Ganjar.

Nusron Wahid Komentari Usulan Ganjar tentang Hak Angket DPR Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu

Acara diskusi ‘Rembuk Tani’ itu dilaksanakan di Desa Labuhan Batu Dua, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Kamis, 26 Oktober 2023.

Ganjar pun mengingatkan para petani bahwa di era sekarang penerapan modernisasi pertanian sangat diperlukan. Sebab itu Ganjar memproyeksikan para petani dapat beradaptasi dengan modernisasi tersebut melalui pelatihan SDM yang difasilitasi pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title