Puluhan Santri di Trenggalek Ikuti Pelatihan Pemprograman Waktu Shalat Digital

Pelatihan diklat falakiyah perhitungan jadwal salat secara digital.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim -Perhitungan waktu salat acapkali berubah setiap beberapa hari secara simultan, sehingga membutuhkan perhitungan secara mudah, cepat dan akurat. 

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Hal itu membuat Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Kabupaten Trenggalek menggelar pelatihan Pemrograman Waktu Sholat Berbasis Digital yang diikuti puluhan santri.

Ketua LFNU Trenggalek, Ahmad Ali Musyafa' menjelaskan pelatihan falakiyah berada di Aula Ar-Raudhoh Pondok Pesantren Darussalam Jajar Desa Sumbergayam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek menggunakan Microsoft Basic Visual 6. Keunggulan digital selain cepat, akurat, dan hasil bisa diperinci.

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

"Ada 30 lebih peserta, kalau dulu membuat jadwal salat butuh waktu satu hari. Namun melalui digitalisasi bisa dengan hitungan menit," ungkap Ahmad Ali Musyafa', Jum'at, 27 Oktober 2023.

Menurut Musyafa' perhitungan manual menggunakan kalkulator misal waktu salat Bulan Ramadhan, ia membutuhkan satu hari penuh untuk menghitung. Sehingga fokus hari penuh sudah tidak bekerja, Karen harus satu waktu itu, tidak cukup dihitung waktu satu kali.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

"Harus diulangi lagi, benar atau tidak. Sebab, saat terjadi kesalahan perhitungan, akan dikonsumsi oleh orang bayak. Dalam fiqih, ketika orang batal puasanya gara-gara mengikut jadwal yang salah, maka si pembuat jadwal itu akan menanggung dosa," paparnya.

Pria yang pernah mondok di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri ini berharap, dengan adanya pelatihan ini para santri itu bisa menguasai teknologi. Tidak hanya sibuk dengan gadget bermain game, melainkan melakukan kegiatan bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
img_title