Deretan Mantan Kapolri dan Jenderal Purnawirawan TNI yang Dukung Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran kompak pakai kemeja biru
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Sejumlah mantan Kepala Kepolisian RI (Kapolri) dan jenderal purnawirawan TNI melabuhkan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Sebagian di antaranya ikut hadir saat Prabowo-Gibran mendaftar di KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023 lalu.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Setidaknya ada tiga mantan Kapolri yang disebut-sebut mendukung Prabowo-Gibran. Yaitu Jenderal (Purn) Sutarman, Jenderal (Purn) Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis, dan Jenderal Polisi (Purn) Sutanto. 

Selain itu, ada juga beberapa mantan petinggi Polri yang juga ikut mendukung Prabowo-Gibran. Mereka di antaranya mantan Wakapolri Komjen (Purn) Ari Dono Sukmanto, Komjen (Purn) Condro Kirono, serta  Komjen (Purn) Mochamad Iriawan.

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Selain itu, ada pula beberapa mantan petinggi TNI yang juga satu arah dukungan dengan tiga mantan Kapolri tersebut. Mereka di antaranya Jenderal (Purn) TNI Wiranto, Marsekal Udara (Purn) Imam Syafaat, dan beberapa mantan petinggi TNI lainnya.

Mereka semua disebut Prabowo saat menyampaikan sambutan usai mendaftar ke KPU pada Rabu pekan lalu. 

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

"Saya ucapkan terima kasih kepada tokoh-tokoh nasional, senior-senior yang hadir. Hadir ada Jenderal Wiranto, Marsekal Udara Imam Syafaat. [Juga kepada] Tiga mantan Kapolri, Jenderal Polisi Sutarman, Jenderal Polisi Idham Azis, Jenderal Polisi Sutanto," kata Prabowo dikutip VIVA Jatim, Sabtu, 28 Oktober 2023 . 

Prabowo Subianto-Gibran diusung oleh sejumlah partai yang tergabung di dalam Kolisi Indonesia Maju (KIM). Koalisi ini terdiri dari Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan beberapa partai lainnya.