Jadi Ketum KAUJE, Sarmuji: Lulusan Unej Harus Isi Posisi Strategis

Ketum KAUJE M Sarmuji di Unej Jember.
Ketum KAUJE M Sarmuji di Unej Jember.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) M Sarmuji berharap alumni Unej menempati posisi strategis di semua lini serta mengambil peran dalam memajukan bangsa Indonesia. Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi alumni dengan kampus agar tujuan mulia tersebut bisa terwujud. 

Hal itu disampaikan Sarmuji saat berbicara dalam seminar yang digelar Fakultas Ekonomi Bisnis Unej. "Kampus membutuhkan perspektif dari para pelaku usaha karena bagaimanapun ada jarak antara teori di kampus dan praktek di lapangan. Tugas alumni untuk memperpendek jarak dan mengaitkan antara praktek dan teori," kata Sarmuji dalam keterangannya, Minggu, 23 Oktober 2022. 

"Pengalaman alumni dan jaringannya harus dapat memperluas perspektif mahasiswa. Ada alumni Unej yang perusahaannya sudah IPO. Alumni ini harus dihadirkan untuk menambah wawasan sekaligus memberi inspirasi ke mahasiswa," imbuhnya. 

Sarmuji menambahkan, pihak kampus dan alumni harus berkolaborasi agar para lulusannya mencapai mobilitas vertikal. Menurutnya, harus ada alumni Unej yang duduk di posisi strategis. 

“Alumni Unej sekarang sudah banyak yang mencapai posisi tinggi, tetapi ada beberapa bidang yang masih kosong. Seperti komisioner OJK, belum ada alumni Unej yang pernah menduduki jabatan tersebut. Ke depan mesti ada alumni Unej yang bisa mengisi posisi tersebut," tegasnya. 

Ketua DPD Golkar Jatim itu menekankan pentingnya kolaborasi antara alumni dan kampus untuk pengabdian ke masyarakat.

"Beberapa daerah, KAUJE sudah melakukan pendampingan masyarakat. Seperti KAUJE Gresik menggandeng BI Jatim untuk melakukan pemberdayaan petani bunga agar bisa ekspor ke mancanegara. Hal ini akan memperkuat kiprah Unej dan alumninya agar dapat bermanfaat lusa bagi masyarakat," bebernya.