Pemilih Ganjar di Mataraman Banyak Bermigrasi ke Prabowo Pasca Gibran Cawapres

Direktur ARCI Baihaki Sirajt
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim-Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt menyebut pemilih Bacapres Ganjar Pranowo sudah mulai bermigrasi ke Prabowo Subianto

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Ia mengatakan perpindahan pemilih Ganjar ini banyak terjadi di wilayah Mataraman Jawa Timur. Alasannya karena Gibran Rakabuming Raka menjadi Bacawapres Prabowo. 

"Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran," kata Baihaki di Surabaya, Rabu 1 November 2023. 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Menurut Baihaki, selama ini suara Prabowo memang lemah di wilayah Matraman. Namun sejak Gibran dideklarasikan menjadi wakilnya, suara Prabowo cenderung menaik. 

"Selama ini Prabowo lemah di mataraman. Begitu ada Gibran, bisa mengangkat suara Prabowo di basis-basis PDIP di mataraman," tambahnya. 

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Tidak hanya di Matraman, hampir seluruh wilayah di Jatim suara Prabowo mengalami kenaikan. Karena loyalis Jokowi yang sebelumnya merapat ke Ganjar kini beralih ke jago Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini. 

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title