Golkar Berpotensi Naik Tiga Besar di Jatim, ARCI Sebut Dapat Efek Ekor Jas Gibran

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt saat paparkan hasil survei
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt menyebut Partai Golkar memiliki peluang masuk dalam partai tiga besar di Jawa Timur.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Naiknya elektabilitas Golkar karena mendapat efek ekor jas dari pengusungan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi Bacawpres dari Bacapres Prabowo Subianto

Baihaki menyebut Golkar diam-diam bisa membahayakan. Sebab, Golkar punya nilai plus karena menjadi partai yang mendeklarasikan pertama Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

"Golkar punya peluang mendapat coattail effect dari Gibran, di mana loyalis Jokowi di Jatim bisa berbelok dari awalnya PDIP kemudian ke Golkar karena ada faktor Gibran. Kalau Gerindra jelas mendapat limpahan elektoral dari Prabowo Subianto," kata Baihaki dalam paparan di Surabaya, Kamis 2 Oktober 2023.

Dalam hasil survei ARCI terbaru, Golkar berada di posisi ke empat dibawah PDIP, PKB dan Gerindra, namun selisih nya tipis. Dalam survei itu, PDIP unggul, namun dalam batas margin of error.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Dijabarkan elektabilitas PDIP di angka 17,8%. Kemudian disusul PKB 15,2%. Di posisi ketiga ada Gerindra 15,1%, dan Golkar melengkapi 4 besar di angka 14,1%.

"Hasilnya PDIP teratas di Jatim. Tapi elektabilitas PDIP selisihnya di bawah margin of error," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title