Pekerja Migran Pindah Pilih, KPU Tulungagung: Data Update H-7 Pencoblosan

Komisioner KPU Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Tulungagung, VIVA Jatim-Tulungagung merupakan daerah yang cukup banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) tersebar di berbagai negara tujuan.

Sejumlah 36 Petugas KPPS dan Linmas di Tulungagung Sakit gegara Kelelahan

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung mencatat ada ratusan yang mengurus pindah pilih karena cara mengurus cukup mudah serta data selalu diupdate.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU Tulungagung Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Safari Hasan. Pekerja Migran cukup menunjukkan kontrak kerja dan mendatangi pihak penyelenggara pemilu.

KPU Tulungagung Takziah dan Tindaklanjuti Santunan Anggota Linmas yang Meninggal Dunia

Jika posisi PMI masih di Indonesia, dia bisa mengurus ke PPK atau ke KPU langsung.

"Nanti akan kita bantu melalui Sistem daftar Pemilih atau Sidalih untuk dipindah hak pilihnya ke luar negeri," ungkap Safari Hasan saat dikonfirmasi, Minggu, 5 November 2023.

Usai Pembagian Honor, Ini Penyebab Petugas Linmas TPS di Tulungagung Meninggal Dunia

Namun bagi pekerja migran yang sudah berada di luar negeri. Safari mengarahkan kepada mereka bisa menghubungi Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) terdekat.

Menurutnya biasanya di kedutaan, konsulat jendral atau perwakilan Indonesia di luar negeri. Sebenarnya menurut Safari prosesnya mudah dalam pencoblosan, PMI tidak harus misalnya datang ke lokasi, bahkan dengan by phone atau wa lebih mudah atau melalui pos.

Halaman Selanjutnya
img_title