Indahnya Tabebuya Sambut Piala Dunia U-17 di Surabaya

Indahnya bunga Tabebuya di Jalanan Kota Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim- Bunga Tabebuya mulai bermekaran dan menghiasi jalanan protokol Kota Surabaya. Tabebuya itu bermekaran setiap dua kali dalam setahun. Menandakan adanya menandakan adanya peralihan musim yang akan terjadi.  

Revitalisasi TPST Branggahan, Cara Pemkab Kediri Tingkatkan Pengelolaan Sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan, Bunga Tabebuya telah menjadi salah satu ikon di Kota Pahlawan. Dengan bermekarnya Tabebuya saat ini, semakin menambah keindahan dan estetika Kota Surabaya.

“Kalau sudah berbunga itu biasanya beberapa hari lagi akan hujan, jadi akan ada perubahan cuaca. Ke depan, kita sedang mencari tanaman lagi selain Tabebuya untuk menjadikan ikon baru di Surabaya. Tetapi hal ini menyesuaikan dengan kondisi dan lingkungan di Surabaya,” kata Hebi, Jumat 10 Nopember 2023.

Kabupaten Gresik Kembali Raih Piala Adipura Setelah Penantian 10 Tahun

Ribuan Tabebuya yang telah ditanam itu, lokasinya tersebar di jalanan protokol Kota Surabaya. Sedangkan Tabebuya yang paling banyak bermekaran ada kawasan Jalan Ir. Soekarno (Merr), Jalan Kertajaya, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Praban, dan Jalan Tunjungan.

“Selanjutnya di Jalan Tembaan, Jalan Genteng kali dekat dermaga Soal, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ngemplak, Jalan Dr. Soetomo, dan beberapa ruas lain. Pohon Tabebuya ini juga tumbuh subur di taman-taman aktif Kota Surabaya,” pungkasnya.

Sekda Tulungagung Sukaji Klaim Tak Ada PR Jelang Purna

Hebi lantas merinci jumlah keseluruhan pohon Tabebuya dengan lima spesies warna yang telah ditanam oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Total ada 16.300-nan pohon Tabebuya yang ada di Surabaya. 

“Sebanyak 162 pohon Tabebuya dengan bunga berwarna merah, 100 pohon Tabebuya dengan bunga berwarna ungu, 11.400 pohon Tabebuya dengan bunga berwarna putih dan merah muda (pink), serta 4.650 pohon Tabebuya dengan bunga berwarna kuning,” pungkasnya.