Ada Fastpay dan Samkopi, Bayar Pajak dan Kirim Paket di 6.118 BUMDes Kini Mudah

Salah satu BUMDes yang menerapkan layanan digital dari Fastpay.
Sumber :
  • Nur

Surabaya, VIVA JatimFastpay dan Samsat Koperasi (Samkopi) meneken kerja sama dalam hal peningkatan ekonomi lokal dengan mewujudkan digitalisasi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes di Jawa Timur. Dengan kerja sama itu, kini pembayaran pajak, pengiriman paket, dan lainnya bisa dilakukan lebih mudah.

Omzet Transaksi Game Online di Loket Tradisional Naik 5 Kali Lipat Selama Libur Lebaran

Ada beberapa layanan produk digital yang disediakan dalam kerja sama itu. Di antaranya pembayaran pajak kendaraan, tagihan rumah tangga bulanan, dan masih banyak lagi lainnya. Layanan ini setidaknya bisa diakses di 6.118 BUMDes di Jawa Timur.

Salah satu desa yang sudah merasakan layanan buah kerja sama Fastpay dan Samkopi UMKM ialah Desa Kemirigede di Kabupaten Blitar. Menurut Kepala Desa Kemirigede, Hari Purnawan, sinergi itu bisa menambah unit usaha baru dan menambah pendapatan bagi BUMDes.

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

"Selain itu juga memudahkan masyarakat untuk tidak perlu lagi pergi ke kantor Samsat kabupaten untuk melakukan pembayaran dan pengesahan STNK,” katanya dalam keterangan diterima VIVA Jatim, Rabu, 15 November 2023.

Kolaborasi antara institusi pemerintahan dan perusahaan lokal ini tentu juga disambut dengan antusias oleh Fastpay selaku perusahaan di bidang financial technology yang ingin terus memberikan dampak bagi ekonomi lokal, salah satunya di Jawa Timur.

Adventure Land Romokalisari Surabaya Diminati Pelancong, Omzet Pedagang Capai Jutaan Rupiah

Pengembangan layanan digitalisasi BUMDes melalui Fastpay yang berkolaborasi dengan Samkopi UMKM akan terus dikembangkan hingga nantinya bisa tersedia secara eksklusif di 6.118 BUMDes Jawa Timur. 

"Kolaborasi ini tentu jadi momentum yang harus dikembangkan untuk mendukung digitalisasi pembayaran yang sudah semakin masif dan banyak dipakai oleh masyarakat,” kata Vice President dari Fastpay, Adigdha Kholif.

Halaman Selanjutnya
img_title