Ayatollah Khamenei Enggan Kirim Bantuan Militer Lawan Israel, Begini Alasannya

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei
Sumber :
  • Viva

Jatim – Sikap pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei soal dukungan terhadap Palestina tidak diragukan lagi. Bahkan, serangan yang kerap dilakukan oleh kelompok militan Hamas dipuji olehnya. Ia kerap berkoar siap menerjunkan bantuan militer.

Israel Serang Kota Rafah Gaza, PBB: Tak Dapat Ditoleransi, Hentikan Genosida!

Namun, pernyataan tersebut justru tidak konsisten. Sejumlah pejabat senior Republik Islam Iran membongkar sikap Ayatollah Khamenei, yang ternyata enggan memberikan dukungan militer kepada pasukan Hamas Palestina, dalam perang di Gaza.

Meskipun Iran secara terbuka memuji Hamas atas invasi dahsyat ke Israel, namun Iran hanya akan memberikan dukungan politik dan moral. Laporan yang dikutip dari VIVA mengatakan, Khamenei memastikan jika sokongan Iran terhadap Hamas hanya sebatas itu.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Di sisi lain, tiga orang pejabat senior Iran yang identitasnya dirahasiakan membenarkan sikap Khamenei.

Salah seorang pejabat Iran itu menyatakan, Iran tak mau ikut perang terbuka bersama Hamas melawan militer Israel di Gaza dikarenakan satu alasan.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Pemimpin Tertinggi Revolusi Iran itu mengaku terkejut atas serangan yang dilancarkan pasukan Hamas Palestina ke Israel, pada 7 Oktober 2023 lalu.

Maka, keengganan Iran mengirim pasukan ke Gaza dan ikut serta dalam konfrontasi bersenjata bersama Hamas melawan militer Israel, dikarenakan tidak adanya koordinasi Hamas saat menyerang Israel bulan lalu. 

Halaman Selanjutnya
img_title