Kabut Tebal saat Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan, Warga: Terdengar Ledakan

Penampakan ekor pesawat TNI AU yang jatuh di Pasuruan.
Sumber :
  • Istimewa

Pasuruan, VIVA Jatim – Dua pesawat TNI AU dilaporkan jatuh di lokasi berbeda di Kabupaten Pasuruan, Kamis, 16 November 2023. Menurut kesaksian warga setempat, saat peristiwa nahas itu terjadi, suasana alam sekitar diselimuti kabut tebal. Setelah itu terdengar suara ledakan.

Polisi Menggerebek Kampung Narkoba di Pasuruan, Ada 6 Orang Diduga Pengedar

Sekretaris Desa Kedawung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, bernama Dani Kusdiantoro adalah salah satu saksi mata yang melihat detik-detik jatuhnya pesawat latih jenis Super Tucano tersebut. Dia mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat itu, Dani mengaku melihat dua pesawat TNI AU terbang rendah. “Keadaan kabut tebal, terus itu nabrak tebing,” kata Dani saat dikonfirmasi wartawan.

Gubernur Khofifah Gembira Bromo Jadi Taman Nasional Tercantik di Dunia

Dua pesawat itu kemudian jatuh di lokasi berbeda. Satu pesawat jatuh di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan satu pesawat lainnya di jatuh di kawasan Perhutani. “Yang satu sempat ada ledakan, yang di area Taman Nasional,” ujar Dani.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo membenarkan adanya pesawat TNI AU yang jatuh di Kabupaten Pasuruan, Kamis, 16 November 2023. Ia juga membenarkan bahwa pesawat yang jatuh sebanyak dua unit jenis Super Tucano.

Prabowo ke Anak Penerbang Tucano yang Gugur: Mereka Tanggung Jawab Saya

“Betul. 2 [pesawat TNI AU yang jatuh di Pasuruan],” kata Marsekal Fadjar dikonfirmasi wartawan, dikutip dari VIVA Militer.

Sayang, Fadjar masih belum bersedia memberikan keterangan lebih rinci terkait insiden tersebut. Pun demikian ada atau tidaknya korban dalam kejadian nahas tersebut, dia juga belum memberikan keterangan.

Halaman Selanjutnya
img_title