Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua untuk Rakyat Palestina

Presiden Jokowi saat melepas bantuan kemanusian untuk Palestina
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Indonesia kirim bantuan kemanusian tahap kedua bagi rakyat Palestina. Pelepasan bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Senin, 20 November 2023. 

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Acara tersebut tampak juga Panglima TNI Laksamana Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mendampingi Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah, kembali lagi pada pagi hari ini kita akan mengirimkan bantuan kepada saudara-saudara kita di Gaza,” kata Kepala Negara.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Jelas dia, bantuan yang dikirim Indonesia tahap kedua untuk Palestina ini sebanyak 2 pesawat yang akan mengangkut total bantuan 21 ton. Dimana diantaranya berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan dan barang keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza. 

“Sama seperti bantuan yang pertama, pesawat nanti akan menuju El-Arish di Mesir. Kemudian akan disalurkan ke Gaza,” ujarnya.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

Sementara, Jokowi menyampaikan bantuan kemanusiaan kedua untuk Palestina ini bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp 31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan dan masyarakat. 

“Antara lain PT Paragon Technolog and Innovation, Indonesia Humanitarian Alliance, Kita Bisa, BAZNAS dan lain-lain,” jelasnya.