Puluhan Tahun Nebeng Tetangga, Pasangan Lansia di Lamongan Kini Bisa Nikmati Listrik

Kasiono terima bantuan listrik gratis
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim –Kasiono warga Desa Kuripan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan terlihat sumringah setelah menerima Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari Anggota Komisi VII DPR RI dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rabu 29 November 2023.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Kasiono tercatat sebagai warga kurang mampu. Karena keterbatasan ekonomi, ia tidak mampu memasang meteran listrik sendiri.

Setiap hari, ia mendapatkan listrik yang digunakan di rumahnya dari tetangga dan ini sudah berlangsung selama 30 tahun. Kasiono memiliki empat anak, tetapi mereka telah pergi merantau dan sekarang ia tinggal bersama istrinya.

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

"Senang sekali dapat bantuan listrik gratis dan saya punya anak 4 tapi mereka merantau ke luar Jawa dan sekarang tinggal berdua bersama istrinya," kata Kasiono.

Sementara itu Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri mengatakan, bantuan listrik bersubsidi ini memiliki tegangan 900 Va yang tersebar di 3.623 titik seluruh Lamongan atau 27 kecamatan. Lamongan mendapat jatah terbanyak ke-2 di Jatim setelah Jember.

Pulang Jenguk Orang Sakit, Remaja di Lamongan Dibacok dan Dibegal

"Semoga ini bisa membantu dan meringankan beban masyarakat dan bantuan ini bisa menjangkau lebih banyak masyarakat kurang mampu di Lamongan dan Gresik serta berdampak besar pada masyarakat khususnya menurunkan angka kemiskinan," kata Roro.

Dalam acara itu juga hadir Koordinator Usaha Penunjang Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Didit Waskito. Menurutnya, dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga.

Halaman Selanjutnya
img_title