Subsidi Transportasi, Cara Pemkot Surabaya Kendalikan Harga Bahan Pokok yang Makin Meroket

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/ Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyadari belakangan ini harga bahan pokok terus meroket. Pihaknya pun telah menjalankan berbagai strategi supaya harga bahan pokok, terutama cabai, agar tidak semakin melonjak.

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

Salah satu strategi yang dijalankan pemerintahannya dengan memberikan subsidi biaya transportasi bahan pokok.

"Surabaya ini bukan sebagai penghasil, Surabaya ini penampung. (Bahan pokok) ngambil dari tempat-tempat lain. Jadi Insha Allah, yang kita lakukan adalah subsidi. Subsidi yang terkait dengan transportasi," ungkap Eri di hadapan awak media, Jumat 1 Desember 2023.

THR-TRS di Surabaya bakal Dijadikan Tempat Konser Skala Internasional

Dengan subsidi yang diberikan, maka biaya logistik bisa ditekan sehingga tidak terjadi disparitas harga dari tingkat petani sampai ke pasaran.

"Jadi contoh kalau cabainya dari Nganjuk harganya seribu, maka kita ambilnya harga seribu kita jualnya harga seribu. Karena kita subsidi di transportasinya," jelas Eri.

Wali Kota Eri Cahyadi Sebut Rumdisnya adalah Rumah Masyarakat Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya dikatakannya, tidak ada jalan lain untuk mengendalikan harga bahan pokok seperti yang biasa dilakukan pemerintah pusat seperti mensubsidi pupuk dan lain sebagainya. Maka dari itu, salah satu cara menekan harga bahan pokok ialah dengan memberikan subsidi transportasi

"Itu yang akan kita maksimalkan," singkatnya.

Halaman Selanjutnya
img_title