Cerita Fadli yang Selamat dari Erupsi Gunung Marapi, Dihujani Abu hingga Jari Hampir Putus

Muhammad Fadli, pendaki yang selamat dari erupsi Marapi
Sumber :
  • Viva

Sumatera Barat, VIVA Jatim – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mencatat ada 75 orang pendaki yang melakukan pendakian pada hari Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat meletus, Minggu, 3 Desember 2023.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketinggian Letusan Abu Vulkanik Capai 1,5 Km

Salah satu pendaki bernama Muhammad Fadli (20) bersama 17 orang rekannya menyaksikan langsung momen meletusnya Gunung Marapi tersebut. 

Saat ia tiba-tiba dikejutkan fenomena alam tersebut. Padahal Fadli dan rombongannya kala itu hendak ingin turun mengakhiri aktivitas pendakian.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter

Diketahui, Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, meletus pada pukul 14.54 WIB, Minggu, 3 Desember 2023. 

Fadli pun menceritakan, letusan secara mendadak ini membuat dia serta semua pendaki panik berhamburan. Ia dan rekannya saat itu berada di cadas Gunung Marapi. Suara gemuruh begitu keras, lontaran abu vulkanik menjulang tinggi. Fadli, tak hentinya dihujani batu yang keluar dari kawah. 

Erupsi 3 Kali dengan Letusan hingga 1 KM, Status Gunung Semeru Masih Siaga

“Waktu terjadi letusan, batu-batu turun, kayak (kena) dilempar-lempar batu. Sakit badan. Hawa panas,” ujar Fadli di RSUD Padang Panjang, Selasa, 5 Desember 2023.

“Posisi kami ketika itu sedang berada di cadas. Letusannya tidak ada aba-aba, langsung meletus begitu saja,” sambungnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title