Kombes Robert Da Costa, Dirnarkoba Polda Jatim Baru Dikenal Garang Terhadap Bandar

Kombes Pol Robert Da Costa
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Kombes Pol Robert Da Costa ditunjuk Kapolri memimpin Ditnarkoba Polda Jatim, direktorat yang bertugas memberantas peredaran narkoba. Dalam sepak terjangnya, perwira menengah dari Lemdiklat Polri ini dikenal sebagai sosok yang garang terhadap bandar narkoba.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Kehadirannya di Jawa Timur, Robert menggeser Kombes Pol Arie Ardian Rishadi yang diangkat sebagai Wadirtipidnarkoba Bareskrim Polri.

Dilansir dari berbagai sumber, Robert pernah ditempatkan sebagai Direktur Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara sejak tanggal 3 Februari 2020. Ketika menjabat posisi tersebut, ia mendapatkan pujian dari Kapolri karena dianggap berhasil dalam memberantas para bandar narkoba di wilayah hukumnya.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Robert waktu itu mengaku, tekad memberantas habis bandar hingga pengedar narkoba lantaran dirinya merasa prihatin atas kondisi di Sumatera Utara. Menurut dia, aksi para pelaku kejahatan narkoba tak jua berhenti merusak masa depan generasi bangsa.

Padahal petugas kepolisian telah berulang kali memberikan tindakan tegas terhadap tindak pidana tergolong extraordinary crime tersebut.

Jadwal Lengkap One Way, Contraflow dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran

"Peredaran narkoba di Sumut darurat karena penegakkan hukum yang dilakukan oleh Polda sampai ke Polsek tidak menyurutkan para jaringan pelaku peredaran gelap narkotika," kata dia, Rabu, 8  November 2020 silam.

Tekadnya itu dia buktikan. Empat bulan setelah menjabat Dirnarkoba Polda Sumatera Utara, tepatnya Juni 2020, jebolan Akademi Kepolisian Tahun 1996 tersebut menembak mati satu dari tiga gembong narkoba jaringan internasional yang membawa 15 kilogram sabu dari Malaysia melintasi Aceh hingga ke Kota Medan.

Halaman Selanjutnya
img_title