Begini Komentar Panelis soal Argumen Tiga Capres saat Debat Perdana

Tiga capres usai mengikuti debat perdana
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –  Tiga Calon Presiden Pemilu 2024 mengikuti debat perdana yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Selasa malam, 12 Desember 2023. Salah seorang panelis debat, Ahmad Taufan Damanik pun turut memberikan tanggapan terhadap berbagai jawaban dan komitmen ketiga capres

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Mantan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik menilai bahwa semua pasangan calon (paslon) menunjukkan komitmennya terhadap HAM. Baginya, komitmen penyelesaian masalah HAM muncul dari semua paslon.

"Saya kira bagus. Misalnya terkait HAM yang memang menjadi fokus saya. Ada pembahasan soal Papua. Muncul kata-kata kunci bahwa harus diselesaikan melalui dialog, jadi bukan pendekatan keamanan. Itu kata kuncinya," kata Ahmad Taufan Damanik, Selasa, 12 Desember 2023.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Taufan Damanik juga menyebut dalam debat perdana dibahas penyelesaian pelanggaran berat, dengan komitmen tegas untuk pendekatan yudisial. Ia berharap kasus-kasus yang ada dapat diselesaikan dengan tuntas dan tidak lagi menjadi bahan politisasi.

Terkait korupsi, kata Taufan, ada komitmen dari semua paslon untuk memperkuat lembaga anti-korupsi dan tindakan pemberantasan korupsi. "Bahkan, ada metode-metode yang lebih progresif, seperti perampasan aset dan pemberian hukuman maksimal," ujarnya menambahkan.

KPU Mojokerto Tetapkan 50 Caleg Terpilih DPRD, PKB Jadi Pemenang

Terkait korupsi juga, kata Taufan, ada komitmen dari semua paslon untuk memperkuat lembaga anti-korupsi dan tindakan pemberantasan korupsi. Bahkan, menurutnya ada metode-metoda yang lebih progresif , seperti perampasan aset dan pemberian hukuman maksimal.

Taufan enggan membandingkan siapa yang paling unggul dalam debat perdana ini. Menurutnya, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan yang terpenting kata kunci yang keluar dari setiap paslon bisa menjadi pegangan ketika menjabat sebagai pemimpin berikutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title