1.735 Kuota Haji Kabupaten Lamongan Tahun 2024, 85 Untuk Lansia

Jemaah Haji saat di Arafah
Sumber :

Lamongan, VIVA Jatim – Jumlah jamaah haji di Kabupaten Lamongan akan mencapai 1.735 orang pada tahun 2024 mendatang. Dari jumlah tersebut, 85 di antaranya akan menjadi kuota haji untuk lansia.

Pelaku Travel Haji dan Umrah Kritisi Pansus Haji

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Lamongan, Abdul Ghofur mengatakan, jumlah kuota di Lamongan yang mencapai 1.735 ini dikarenakan adanya tambahan kuota haji di Jawa Timur. Ghofur memperkirakan jumlah tersebut kemungkinan masih bisa berubah. Karena jumlah ini belum kuota tambahan Nasional yang mencapai 20 ribu.

"Untuk sementara yakni sebanyak 1.735 orang, dan didalamnya ada 85 kouta prioritas untuk lansia. Namun jumlah tersebut kemungkinan masih bisa berubah dan estimasi Jatim dapat 3 ribu," kata Ghofur. Rabu 13 Desember 2023.

BEM Pesantren Se-Indonesia, Dorong Hilirisasi Industri di Lamongan

Ghofur mengatakan, untuk tahapan pemeriksaan kesehatan pihaknya sudah melakukan integrasi persiapan pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji bersama KBIHU dan Puskesmas se-Kabupaten Lamongan. Rencananya pemeriksaan kesehatan untuk bakal calon jemaah haji akan dilaksanakan pada minggu ini. 

"Kesehatan menjadi syarat wajib bagi bakal calon jemaah haji. Setelah dinyatakan mampu dari segi kesehatan, maka bakal calon jemaah haji baru bisa melakukan pelunasan biaya haji dan pemeriksaan kesehatan akan dilakukan oleh dinas di rumah sakit dan puskesmas," pungkasnya.

Cerita 5 Bersaudara Asal Tuban Bisa Berangkat Haji di Usia Muda