Status Gunung Raung Meningkat Jadi Waspada

Gunung Raung Banyuwangi
Sumber :
  • istimewa

Surabaya, VIVA JatimGunung Raung di Jawa Timur mengalami peningkatan status vulkanik, dari semula Level I atau normal menjadi Level II atau waspada, pada Selasa 19 Deseember 2023. Masyarakat sekitar meliputi Banyuwangi, Bondowoso dan Jember diimbau waspada.

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

"Hari ini dinaikan statusnya ke waspada karena ada peningkatan gempa hembusan dan peningkatan asap kawah," kata Ketua Tim Gunung Api PVMBG, Ahmad Basuki saat dikonfrimasi.

Ia mengatakan, dalam sepekan terakhir, Gunung Raung mengeluarkan asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal. Tinggi awan sekitar 50-1000 meter dari puncak bersamaan dengan aktivitas kegempaan.

H+4 Libur Lebaran, Jalur Wisata Trawas - Pacet Mojokerto Ramai Lancar

“Pada tanggal 18 Desember 2023 terjadi peningkatan hembusan asap kawah dan mencapai ketinggian 1000 meter di atas puncak,” ujarnya.

Jenis dan jumlah gempa yang terekam selama 18 hari, sejak 1-18 Desember 2023 adalah 168 kali gempa hembusan, 8 kali gempa tektonik lokal, 75 kali gempa tektonik jauh, dan tremor menerus dengan amplitudo 0.5-6 mm, dominan 1 mm.

Pj Gubernur Adhy Pastikan Kenyamanan Wisatawan di Jatim selama Libur Lebaran

Pada Senin 18 Desember 2023 kemarin, kata Basuki, aktivitas kegempaan menunjukkan terjadi peningkatan gempa hembusan yang signifikan mencapai 58 kali kejadian.

Gempa Hembusan merupakan gempa permukaan akibat pelepasan gas yang berasal dari lubang tembusan gas pada kubah lava yang terletak di lantai kawah.

Halaman Selanjutnya
img_title