Arab Saudi Resmikan Sistem Visa Terpadu, Permudah Jemaah Haji hingga Turis

Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimKementerian Luar Negeri Arab Saudi secara resmi meluncurkan KSA Visa. Hal tersebut sebagai salah satu upaya mempermudah para pelancong yang hendak mengunjungi Riyadh. KSA Visa merupakan sebuah platform nasional terpadu baru untuk pengajuan visa yang ada di Forum Pemerintah Digital di Riyadh, Selasa, 19 Desember 2023.

Kemlu RI Imbau WNI Tak Melakukan Perjalanan ke Iran atau Israel

Sistem tersebut, yang menghubungkan lebih dari 30 kementerian, otoritas dan organisasi sektor swasta, telah dirancang untuk menyederhanakan proses pengajuan visa untuk haji, umrah, pariwisata, kunjungan terkait bisnis, dan pekerjaan.

Dilansir dari VIVA, Kamis, 21 Desember 2023, layanan ini menggunakan mesin pencari cerdas untuk membantu pengguna mengidentifikasi visa yang tersedia.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Selain itu, layanan tersebut membuat sistem terpusat memberikan panduan terperinci mengenai persyaratan visa dan prosedur aplikasi. Pengguna juga dipermudah dan dapat mengatur profil pribadi untuk menyederhanakan aplikasi di masa depan.

"Platform ini, menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi baru lainnya untuk membantu memastikan verifikasi tanggal yang akurat dan efisiensi secara keseluruhan," kata para pejabat Arab Saudi.

Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

Sistem ini memanfaatkan mesin pencari cerdas yang memungkinkan para traveler mengetahui visa yang tersedia secara cepat. Platform ini juga menyertakan file pribadi yang diperbarui untuk pengunjung yang memfasilitasi pembuatan visa, dan pengajuan ulang nanti.

Peluncuran platform baru Saudi ini bertepatan dengan upaya Dewan Kerjasama Teluk (GCC) untuk meluncurkan visa turis Teluk terpadu setelah disetujui oleh Dewan Tertinggi negara-negara GCC pada KTT Doha pada November lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title